Address
Jl. Sidomoyo No.0, Area Sawah, Sidoarum, Godean, Sleman, DIY. 55564
Phone

Mekanik Indonesia Kembali ‘Berjuang’ Harumkan Nama Indonesia


Kemampuan mekanik kendaraan dari Indonesia sudah tidak perlu diragukan lagi dan teruji di kancang internasional. Kini, 1 orang mekanik dari Depok, Jawa Barat, sedang berjuang mengharumkan nama Indonesia di Korea Selatan.
 
Mekanik Dealer Hyundai Arista Margonda, Haydar Ali, kini sedang mengikuti World Skill Contest 2023 yang berlangsung pada 23-27 Oktober 2023 di Seoul Korea Selatan. Tidak tanggung-tanggung, Haydar langsung berkompetisi di kategori EV (kendaraan listrik).
 
Ia telah melalui proses persiapan panjang yang berlangsung sejak bulan Juni sampai 6 Oktober 2023. Setelah lolos seleksi, Haydar mengikuti tiga sesi training camp yang fokus pada tenaga kendaraan EV, termasuk mengenai voltase, charging system, power conversion dan GDS, dan spesialisasi EV.

Kemudian dilanjutkan dengan tiga sesi training camp terkait kerangka mesin dan rem termasuk ADAS, chassis, heatpump system, serta body & electrical system. Untuk persiapan akhir, Haydar melakukan OJT bersama tim teknis, brush up, tes tertulis, dan praktek sebagai persiapan akhir sebelum bertolak ke Korea Selatan.

Pada tahapan final, keterampilan mekanis Haydar akan dinilai dengan kriteria diagnosa EV dari safety system, charging system dan HV Powertrain; Kelistrikan body, kelistrikan chasis, dan HV battery system. Pengalaman Haydar dan Berbagai Prestasi di Kontes Mekanik
Haydar Ali merupakan satu dari 1.500 lebih mekanik andal yang bekerja pada Arista Group. Ia telah memulai karirnya sebagai mekanik sejak Juli 2021.
 
Selama meniti karir di dealer mobil asal Korea Selatan tersebut, Haydar meraih pernah juara ketiga untuk kategori Service Advisor dan Technician pada tahun 2022. Ajang ini merupakan kompetisi untuk sales consultant, service advisor, dan technician dealer Hyundai di Indonesia yang sudah berlangsung dari November 2022 sampai Januari 2023.Dukungan Penuh dari Kantor
Director Hyundai Arista Group, Christoforus Ronny Ng, mengaku bangga bahwa mekaniknya bisa mewakili Indonesia dan berkompetisi di ajang kelas dunia. Dia pun menyebutkan perusahaan mendukung aksi Haydar di kontes mekanik ini karena bisa keterampilan dan sekaligus bentuk apresiasi atas ketekunan bekerja mereka.
 
“Keikutsertaan Haydar di ajang ini merupakan wujud kesungguhan kami dalam membina human capital melalui berbagai pelatihan yang mengasah keterampilan mereka dalam menangani berbagai mesin kendaraan. Kami harap, dengan kemampuan dan prestasi Haydar di kompetisi-kompetisi sebelumnya, Haydar akan memberikan yang terbaik untuk membawa pulang titel juara,” tutur Christoforus.

sumber: https://www.medcom.id/otomotif/mobil/0kpPeLEk-mekanik-indonesia-kembali-berjuang-harumkan-nama-indonesia